Kamis, 15 November 2012

Tugas Teknologi II

1. Jelaskan secara singkat perbedaan antara ilmu/ sains (science), teknologi, dan teknik.
     Jawab :
     * Sains adalah suatu cara untuk mempelajari aspek -aspek tertentu dari alam secara terorganisir, sistematik dan melalui metode-metode saintifik yang terbakukan. ruang lingkup sains terbatas pada pada hal - hal yang dapat dipahami oleh indera (penglihatan, sentuhan, pendengaran, rabaan dan pengecapan).
     * Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keselurahan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
     * Teknik adalah  perekayasaan atau penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia.
 Perbedaannya yaitu : Sains/ilmu itu sistem pengetahuan dalam segala bidang atau Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya. Sedangkan teknologi itu penerapan dari sains dan teknik untuk menciptakan sesuatu sedangkan teknik yaitu penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan.

2. Jelaskan secara singkat perbedaan antara teknik elektro dan teknik elektronika
    Jawab :
    * Teknik Elektro adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik elektro merupakan teknik mempelajari tegangan yang tinggi dan arus kuat.
    * Teknik Elektronika  adalah teknik yang berhubungan dengan berbagai material dalam berbagai konfigurasi atau struktur yang dapat mengatur aliran arus listrik. Dalam teknik elektronika dikenal dan digunakan berbagai komponen seperti diode, transistor dan sirkuit terpadu untuk membangun perangkat. Hasil dari teknik elektronika digunakan secara langsung oleh bidang lain seperti teknik komputer dan teknik telekomunikasi dengan sirkuit terintegrasi sebagai salah satu kemajuan terbesar yang paling dimanfaatkan. Teknik elektronika mempelajari arus yang lemah
Perbedaannya yaitu  teknik elektro lebih luas daripada teknik elektronika. Teknik elektro mempelajari tegangan yang kuat sedangkan teknik elektronika mempelajari arus yang lemah dan hasil dari teknik elektronika digunakan secara langsung untuk bidang lain seperti teknik komputer dan telekomunikasi dan hasil teknik elektro digunakan untuk kebutuhan masyarakat seperti PLN.

3. Jelaskan secara singkat dua perbedaan antara scientist dan engineer.
    Jawab :
    * Beda scientist dan engineer semuanya didik dengan matematik dan ilmu-alam. Bedanya yaitu :
        a.  Scientist menggunakan ilmu pengetahuan terutama untuk memperoleh ilmu pengetahuan baru (seeks to know). Scientist menyelidiki "apa".
       b.   Engineer mengaplikasikan ilmu pengetahuan untuk merancang dan mengembangkan alat-alat yang dapat digunakan, struktur-struktur dan proses-proses (aims to do). Engineer menciptakan apa yang belum diciptakan.

4. Keterampilan apa saja yang perlu dimiliki seorang engineer?
    Jawab :
        *Kompetensi, yaitu suatu sifat yang selalu menuntut profesional Engineer untuk memperdalam  dan memperbaharui pengetahuan dan ketrampilannya sesuai dengan tuntutan profesinya.  Seorang Engineer tidak boleh berhenti belajar karena dunia  engineering terus berkembang dan berubah dengan cepat.  Profesi Engineer tidak melekat seumur hidup, hanya sepanjang seseorang terus mengikuti tuntutan profesinya.  Dan ini sesuai dengan etika profesi yang berlaku umum bahwa hanya profesional yang berkompeten yang berhak melakukan pekerjaan di bidangnya.
·      *Tanggung jawab pribadi: yaitu kesadaran untuk membebankan hasil pekerjaannya sebagai tanggung jawab pribadi.  Seorang Engineer untuk itu harus mengenal kemampuan dirinya, sehingga bisa mempertanggungjawabkan semua pekerjaan yang dilakukannya secara moral: selalu merekomendasikan apa adanya,  melakukan pekerjaan yang menjadi bidang kompetensinya, dan mendahulukan kepentingan umum. 
       * Memiliki soft skill yang baik seperti keterampilan komunikasi yang baik
 
Mengutip Tanri Abeng, untuk menjadi profesional harus memenuhi 3 syarat yaitu:
1.     menguasai ilmu secara mendalam dalam bidangnya,
2.     mampu mengkonversikan ilmu menjadi ketrampilan, dan
3.     selalu berpikir positif dengan menjunjung tinggi etika dan integritas profesi.

5.  Selain memiliki kompetensi dalam teknis, teoritis, dan praktis seorang engineer juga harus memiliki kemampuan lain. Apakah itu dan mengapa?
 Jawab : Engineer harus bisa mengerti bidang lain yaitu :
a.  Computer science: terutama dalam perangkat keras
b.  Engineering: terutama dalam pendekatan/metode analisa pemecahan masalah
c.  Industrial engineering: terutama dalam optimasi proses dan sumber daya
d.  Management: terutama dalam mengelola manusia dan kelompok kerja, manajemen proyek
e.  Social science: terutama dalam pendekatan manusia dan komunikasi
Seorang enginer yang baik harus meiliki kriteria berikut ini,
Mengetahui dasar keilmuan dari bidang yang diminati
Kreatif dan inovatif
Efisien dan Efektif

Efisiensi
Dalam Engineering efisiensi merupakan ratio antara outcame yang dihasilkan terhadap incame . Efisiensi ini ditinjau dari dua aspek, yaitu aspek teknis dan aspek ekonomis. Teknis disini menyatakan bagaimana hubungan antara besaran income dan outcome sehingga diperoleh suatu produk yang bermanfaat. Sedangkan dari tinjauan ekonomis adalah bagaimana biaya yang disediakan untuk melakukan produksi, apakah cucok dengan outcome yang diperoleh secara teknis.
Efektif
Efektif lebih ditekankan pada kegunaan, atau ketepatan guna. Jadi penciptaan suatu produk harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar.
Harus Efektif dan Efisien !
Berikut ini beberapa imaginasi yang akan menggambarkan tentang efektif dan efisien sehingga lebih mudah dipahami.
Terdapat suatu lomba berburu rusa. Seorang peserta menggunakan senapan untuk melakukan perburuan dan berhasil membunuh rusa. Sedangkan peserta yang satu menggunakan bom nuklir untuk membunuh satu rusa. Dia juga berhasil membunuh rusa. Keduanya sama-sama dapat membunuh rusa, tapi apakah yang menggunakan nuklir dapat disebut efisien?
Sebaliknya ketika Sekutu ingin membumihanguskan Hiroshima dan Nagasaki, apakah jika amerika menggunakan bom molotov dapat dikatakan efektif. Sekutu memilih nuklir karena sangat efektif, orang jepang yang sedang duduk santai aja bisa menguap. Betapa efektifnya. (Tapi menurutku sungguh tidak efektif dilihat dari sisi kemanusiaan, jangan biarkan kejadian ini terjadi, nuklir untuk kemanusiaan jangan untuk perang )
Buat seorang Engineer harus ditambah dengan pengetahuan mengenai ekonomi untuk menambah kriteria di atas, sehingga terciptalah suatu produk yang efisien dan efektif.

I want to share something that we need to know ( http://luckyhilman.blogspot.com/2011/09/prinsip-engineer.html )

Prinsip Engineer

Beberapa tahun lalu, saat pulang dari kampus di tengah malam buta, saya menyalakan televisi. Pas itu ada film yang sedang tayang. Filmnya bukan film dengan special effect yang canggih seperti Harry Potter atau film drama romantis seperti Romeo & Julliete. Itu hanya film sederhana berbiaya rendah yang mungkin tidak termasuk film box office. Bahkan judulnya pun tidak bisa saya ingat dan saya coba tanya ke banyak orang pun belum ada yang bisa jawab. Tapi isinya luar biasa...

Ceritanya tentang seorang ahli komputer yang terdepak dari tim riset di suatu lokasi yang seperti Silicon Valley, pusat perusahaan dan lembaga riset yang besar. Dia sempat down hingga memilih menjadi pekerja biasa di restoran. Tapi di satu titik dia menyadari bahwa dia masih memiliki  passion untuk membuat sesuatu di bidang teknologi. Hingga akhirnya dia mengumpulkan orang-orang kreatif-jenius yang ’terbuang’ di sana, lalu membentuk tim risetnya sendiri. Mereka ingin membuat komputer seharga $ 100.

 Mereka mengalami banyak kendala selama melakukan riset hingga akhirnya hampir bubar karena akumulasi masalah pribadi dan masalah tim. Hingga akhirnya mereka mengalami percepatan yang signifikan. Saat di tokoh utama dinasehati oleh teman wanitanya.

’Yang harus kita lakukan hanya memikirkan 3 hal ini. Clarify, Simplify and Economize.” kata si wanita.

Clarify – seluruh target, seluruh tantangan, seluruh masalah itu harus kita perjelas terlebih dahulu. Hingga kita bisa melihat secara utuh..melihat segala sesuatu hingga ke akarnya. Tidak hanya hal-hal yang muncul di permukaan.

Simplify – kemudian rencana tindakan yang akan kita lakukan harus kita sederhanakan. Cara mencapai target, menerobos tantangan dan menyelesaikan masalah, seluruhnya kita buat dengan cara sesederhana mungkin.

Economize – setelah kita bisa menentukan langkah terbaik, selanjutnya kita pikirkan bagaimana membuat usaha yang kita lakukan itu tetap ekonomis. Tetap murah tapi tidak murahan.

Sekarang kalau kita, sebagai pribadi atau pengusaha atau pekerja atau pejabat publik, dapat menggunakan 3 prinsip sederhana ini, saya percaya kalau kehidupan kita sebenarnya dapat menjadi jauh lebih mudah.

Janganlah prinsip-prinsip ini malah diputar balikkan,
Diperkeruh – Dipersulit – Semahal mungkin.

Ayo kita gunakan 3 prinsip engineer ini. Untuk hidup yang lebih baik lagi.

    
      
    

0 komentar:

Posting Komentar